Rabu, 18 November 2009

KOMUNIKASI

MENJADI PEMIMPIN
YANG MAMPU BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK


Komunikasi terjadi sejak manusia hidup lebih dari seseorang, karena komunikasi merupakan bentuk interaksi manusia. Terlebih lagi di dunia bisnis, komunikasi yang baik sangat dibutuhkan agar sutu tugas dapat dilakukan dengan baik dan tepat sasaran. (Mondry, 2007)
Semua kegiatan dapat berjalan karena adanya komunikasi. Tanpa komunikasi mustahil kita dapat bekerjasama. Komunikasi adalah hal yang sulit dilakukan bahkan pada saat-saat yang terbaik sekalipun. Semua orang mempunyai ide yang sudah lama tertanam, penilaian dan praduga yang cenderung dibawa kedalam suatu percakapan. Rasanya merupakan hal yang sulit untuk mendapatkan kesan yang baik setiap melakukan komunikasi.(Suwandi, 2002)
Pada masa sekarang ini seseorang dituntut untuk mempunyai keterampilan untuk berkomunikasi , apalagi menjadi seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang mempunyai keterampilan komunikasi yang baik akan mendukung kelangsungan organisasi. Sehingga informasi atau mandat yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan mempunyai nilai efisiensi dan efektifitas yang baik. Sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai.
Namun yang menjadi kendala banyak para pemimpin yang kurang mempunyai keterampilan yang bagus dalam berkomunikasi. Bila organisasi mempunyai pemimpin yang kurang bagus dalam berkomunikasi maka hal ini sangat merugikan organisasi tersebut, dan itu akan menghambat kinerja organisasi.
Seorang pemimpin yang baik harus mampu berkomunikasi dengan baik. Mengetahui bagaimana berkomunikasi yang efektif dan efisien. Agar seorang mempunyai keterampilan komunikasi yang baik, tidak mungkin diperoleh secara instan, ada proses dan tentunya latihan. (Mondry,2007)
Untuk memenuhi hal tersebut makalah ini membahas mengenai bagaimana menjadi pemimpin yang mampu berkomunikasi dengan baik. Serta bagaimana komunikasi yang efektif dan efisien.

1. Pengertian Komunikasi
Komunikasi (communication) berasal dari kata : common yang berarti sama.
Definisi komunikasi :
a.Komunikasi ialah mekanisme hbungan antara manusia untuk mengembangkan isi pikiran dengan lambang-lambang yang nmengandung pengertian dan dengan cara yang leluasa serta tepat pada waktunya. (Charles H.Cooley)
b.Komunikasi adalah proses pengoperan perangsang /lambang-lambang bahasa dari komunikator kepada komunikan untuk mengubah tingkah laku individu-individu komunikan (Carl I. Hovlan).
c.Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, pengetahuan dan pengalaman agar timbul saling pengertian, keyakinan/ kepercayaan serta control yang diperlukan (Sir Geral Barry).
d.Komunikasi ialah usaha mengadakan “persamaan” dengan orang lain (Wilbur Schramm) (Henri Supriyanto,1986)

Dengan definisi tersebut secara umum dapat digambarkan proses komunikasi sebagai berikut :



Gambar 1. Proses komunikasi secara singkat

Tetapi tentu saja, proses komunikasi baru bisa berlangsung daengan baik dan efektif bila seluruh unsure terkait dalam prose situ dapat berjalan dengan baik pul. Satu unsur saja keliru maka hal itu akan mempengaruhi hasil komunikasi dan hal itu akan membuat komunikasi tidak berjalan dengan baik.
Tujuan komunikasi sendiri antara lain, agar pesan dapat dimengerti pihak yang diajak berkomunikasi, agar gagasan orang dapat diterima, supaya memahami pendapat orang lain, dan berguna untuk menggerakkan orang lain melakukan sesuatu. (Mondry,2007)
Komunikator yang baik harus tahu bagaimana menempatkan kata yang membentuk arti, bagaimana membentuk situasi lebih menarik, mengajak komunikan aktif, menghidupkan suasana.

2. Komunikasi yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin
Komunikasi yang nyata adalah sikap, komunikasi tersebut melibatkan lebih banyak proses mendengarkan daripada proses berbicar, merupakan suatu proses interaksi yang tetap yang ditunjukkan untuk suatu kesepakatan.
Komunikasi yang baik akan membentuk pengetahuan dan tanggung jawab. Orang-orang yang dilibatkan dalam era desentralisasi dan tetap dipertahankan didalam keadaan tersebut akan akan merasa bahwa mereka merupakan bagian dari keadaan tersebut dan dapat mengerjakan pekerjaan mereka dengan kemampuan yang maksimal. Sebaliknya lawannya adalah banyak rahasia, tidak tahu apa-apa, mendapat sedikit komunikasi akan membuat mereka merasa ditinggalkan , lemah dan tersingkir yang akan menimbulkan suasana ketidak percayaan antara komunikator dengan komunikan. ( Supriyanto, 1986)
Seorang pemimpin yang baik harus mampu menujadi komunikator yang baik. Bagaimana menjadi komunikator yantg baik, antara lain :
Punya target dalam berkomunikasi.
Seorang Komunikator yang baik harus punya target dalam melakukan komunikasi sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik.
1.Mampu merangkai pesan dengan efektif
Seorang pemimpin yang bertindak selaku komunikator harus mampu merangkai pesan yang ingin disamaikan menjadi pesan yang sederhana sehingga mudah dipaami oleh komunikan.
2.Menyusun informasi secara sistematis
Apabilainformasi disusun secara sistematis maka akan mempermudah komunikan memahami sebuah informasi.
3.Mengetahui latar belakang lawan bicara
Jika komunikator mengetahui latar belakang lawan bicara maka akan mempermudah bagaimana harus berkomunikasi. Karena latar belakang seseorang mempengaruhi model berkomunikasi.
4.Memberikan lawan bicara untuk memberikan respon

Seorang komunikator yang baik tidak hanya menyampaikan informasi tetapi mau mendengar, sehingga jika dalam berkomunikasi ada hal-hal yang kurang dipahami dapat dijelaskan sehingga tujuan yang akan dicapai maksimal. komunikasi yang jelas juga memungkinkan tersampaikannya pesan-pesan dengan baik.(Mondry,2007)


Kemampuan berkomunikasi, membaca, menulis, mendengardan berbicara, sangat penting dan harus dimiliki pimpinan perusahaan karena merupakan factor yang paling mempengaruhi keberhasilan dalam dunia bisnis.
Berikut ini Supriyanto (1986) memberikan beberapa cara meningkatkan keterampilan komunikasi antara lain :
1)Melakukan komunikasi secara intensif.
2)Melakukan komunikasi secara intensif akan membantu mempermudah kita untuk melakukan komunikasi.
3)Lakukan komunikasi dengan orang-orang yang mempunyai latar belakang berbeda.
4)Dengan melakukan komunikasi dengan orang yang berbeda latar belakang akan melatih kita untuk memahami berbagai karakter orang dalam berkomunikasi.
5)Banyak membaca
6)Memperluas pengetahuan akan sangat membantu kita dalam berkounikasi, karena denga pengetahuan yang luaskita tidak akan kehilangan topik perbincangan dan mampu memberikan umpan balik kepada lawan bicara.
7)Kenali kekurangan kita ketika berkomunikasi
8)Mengetahui kelemahn diri sendiri merupakan cara terbaik untuk memperbaiki kekurangan kita dalam berkomunikasi.
9)Memanfaatkan setiap kesempatan berbicara didepan orang banyak.
10)Ksempatan berbicara dengan orang banyak akan melatih diri kita untuk menyampaikan informasi kepada orang banyak.
11)Dengarkan dengan sungguh-sungguh biarkan lawan bicara kita yang berbicara lebih banyak.
12)Berbicaralah dalam kerangka kepentingan lawan bicara kita, sehingga lawan bicara merasa dihargai dan dianggappenting.
13)Bersimpatilah, perhatikan ide lawan bicara jangan pernah katakana salah mengenai pendapat lawan bicara.
14)Tataplah mat lawan bicara, tunjukkan anda benar-benar memperhatikan. Cobalah mengerti apa yang diinginkan lawan bicara.
15)Setiap orang pasti berkeinginan mempunyai keterampilan komunikasi yang baik, namun segala sesuatu perlu waktu dan banyak latihan.


3. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Sebagai Seorang Pemimpin
Komunikasi merupakan keterkaitan antara individu dengan organisasi . Terjadinya komunikasi yang baik tergantung pada kepekaan sebagai seorang komunikator.
Dan keterampilan berkomunikasi tidak langsung dimiliki seseorang secara otomatis, tetapi perlu adanya latihan dan usaha. Menurut Suwandi (2002) memberikan beberapa cara yang bisa meningkatkan komunikasi antara lain:
1.Berbicaralah dengan banyak orang yang mempunyai latar belakang yang berbeda. Dengan begitu, kita akan terbiasa dengan pembicaraan diberbagai bidang, karena setiap orang yang berbeda latar belakang cara berkomunikasinyapun berbeda.
2.Banayak Membaca. Dengan memperbanyak pengetahuan maka akan mempermudah kita dalam berkomunikasi, kita akan lebih mudah melakukan komunikasi apalagi dengan orang yang berbeda latar belakang.
3.Melakukan KOmunikasi secara intensif. Melakukan komunikasi secara intensif akan membantu mempermudah kita melakukan komunikasi.
4.Memanfaatkan setiap klesempatan berbicara didepan orang banyak. Kesempatan berbicara dengan orang banyak akan melatih diri kita untuk menyampaikan informasi kepada orang banyak.
5.Kenali kekurangan kita ketika berkomunikasi. Mengetahui kelemahan diri sendiri merupakan cara terbaik untuk memperbaiki kekurangan kita dalam berkomunikasi.
6.Menjadi pendengar yang baik. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa sebagai seseorang yang berhasil dalam komunikasi yang baik, haruslah menjadi komunikator yang baik dan sebagai komunikator yang baik harus mampu mendengarkan.
Pada intinya semua hal tergantung dari pribadi masing-masing bagaimana seseorang mampu mengontrol diri ketika berkomunikasi. Dan hal yang pokok bagaimana seorang pemimpin mau meluangkan waktu untuk mendengarkan dan memberi solusi yang tepat.

4.. Simpulan
Komuikasi merupakan kunci utama dalam interaksi dan terlaksannya suatu tugas, terutama dalam suatu organisasi. Tersampaikannya pesan tergantung dari agaimana atasan menyamopaikan informasi itu dengan efisien dan tersusun sehingga dapat diterima oleh bawahan.
Sebagai seorang pemimpin tidak hanya mampu menyampaikan informasi tapi juga bagaimana seorang pemimpin mapu mendengar dengan baik dan mengelola informasi atau ide-ide dengan baik sehingga dapat memberikan kontribusi demi kemajuan organisasi.
Seorang pemimpin bagaikan seorang nahkoda yang harus tahu tujuan dan target yang akan dicapai oleh sebuah organisasi. Pemimpin harus mampu mengkoordinasi dan menyusun setiap informasi dengan sisematis dan terarah sehingga mudah diterima, walaupun seorang pemimpin mempunyai kekuasaan namun pemimpin harus bisamenjadi lawan bicara yang baik tidak boleh menyela.
Oleh karena pentingnya keterampilan komunikasi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin maka seorang pemimpin harus melatih keterampilan berkomunikasinya. Seorang pemimpin harus mampu membaca situasi, memberikan peluang kepada bawahannya untuk memberikan kontribusi. Sebagai seorang komunikator ia harus memahami bawahan, mampu bergaul dan memnyesuaikan cara komunikasi sesuai denan porsi yang sesuai dengan lawan bicara.
Kunci dari komunikasi yang baik adalah mnenjadi komunikator yang baik Seorang kmunikator yang baik adalah seseorang yang mempunyai kepekaan dan keterampilan mendengar yang baik, dia mampu memberi informasi dengan tepat dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Dan seorang pemimpin harus mempunyai wawasan yang luas, Semua itu memerluikan proses dan latihan.



Saran
Untuk menjadi seorang pemimpin yang mampu berkomunikasi dengan baik maka perlu ada usaha dan latihan. Ketika berkomunikasi sebaiknya kita mempunyai tujuan, koordinasi, dan tindakan sehingga kita mencapai komunikasi yang maksimal.
Selain itu sebagai seorang pemimpin yang baik sebaiknya mengetahui kelemahannya sehingga ia akan tahu bagaimana cara memposisikan diri dalam berkomunikasi, dan memberikan kontribusi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan, sehingga tidak terkesan menggurui.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar